Mengetahui Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Bergaris

Printer Canon merupakan salah satu printer yang paling banyak diminati, terbukti penjualan printer Canon sangat tinggi di pasaran. Meski dianggap sebagai salah satu printer berkualitas, tidak jarang printer Canon juga mengalami masalah, terutama pada cartridge, sehingga memberikan hasil printer bergaris. Untuk mengatasinya, perlu mempelajari cara memperbaiki cartridge printer Canon bergaris.

Penyebab Hasil Printer Canon Bergaris

Sebelum membahas tentang cara memperbaiki cartridge printer Canon bergaris, sebaiknya pahami terlebih dahulu penyebab-penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat hasil cetakan dari printer Canon bergaris. Berikut ini beberapa penyebab hasil printer Canon bergaris.

1. Head Cartridge Tersumbat

Penyebab pertama hasil cetakan printer Canon bergaris adalah karena head cartridge yang tersumbat. Head Cartridge adalah bagian dari printer Canon, tempat mengeluarkan tinta dan membuat cetakan pada printer. Head Cartridge ini adalah komponen yang sangat penting dalam printer Canon dan sayangnya termasuk ke dalam bagian yang paling mudah mengalami gangguan.

Gangguan yang sering dialami oleh Head Cartridge adalah sumbatan pada bagian dalamnya. Penyumbatan ini terjadi akibat tinta printer yang ada dalam cartridge membeku. Tinta printer yang ada dalam cartridge bisa membeku karena printer sudah lama tidak digunakan. Untuk mencegahnya, bisa dengan menggunakan printer minimal satu kali setiap harinya.

2. Encoder Kotor

Penyebab lainnya hasil cetakan printer Canon yang bergaris bisa disebabkan oleh Encoder atau Timing Strip printer yang kotor. Timing Strip atau Encoder yang kotor bisa disebabkan karena printer terlalu sering dipakai. Berkebalikan dengan masalah pada Head Cartridge yang bila tidak pernah dipakai justru rusak.

Selain karena terlalu sering digunakan, printer yang sering mengalami paper jam atau kertas cetakan yang menyangkut juga bisa menyebabkan Encoder menjadi kotor. Timing Strip atau Encoder yang kotor menyebabkan ia menjadi sulit terbaca oleh mesin printer. Sehingga hasil cetakan dari mesin printer menjadi tersendat dan bergaris-garis.

3. Tinta Tidak Tersalurkan ke Dalam Cartridge

Penyebab ketiga dari hasil cetakan printer Canon yang bergaris ini masih berkaitan dengan penyebab pertama, yakni Cartridge. Bila pada penyebab pertama diakibatkan oleh Head Cartridge yang tersumbat, maka penyebab kali ini disebabkan ada masalah pada selang tinta yang tersambung pada Cartridge. Permasalahan ini sering ditemui oleh printer yang menggunakan sistem infus.

Tidak selamanya permasalahan hasil printer bergaris disebabkan oleh Cartridge printer tersebut, terkadang permasalahannya berasal dari distribusi tinta yang kurang lancar. Distribusi ini bisa disebabkan karena tinta tidak tersalurkan dengan baik akibat adanya masalah pada selang. Permasalahan yang sering terjadi adalah adanya angin yang masuk ke dalam selang, sehingga menyebabkan tinta printer berhenti di tengah-tengah selang.

4. Umur Cartridge yang Sudah Usang

Permasalahan yang berikut ini sangat jarang disadari oleh pemilik printer, yakni umur Cartridge yang sudah usang. Cartridge merupakan sebuah alat yang memiliki usia pemakaian tertentu. Bila sudah melewati batas usianya, tidak perlu heran bila Cartridge akan mengalami beberapa masalah, salah satunya menghasilkan cetakan yang bergaris-garis.

Hal ini sangat jarang disadari oleh pemilik printer jenis apapun, termasuk Canon. Pemilik umumnya terus menggunakan printer selama bisa digunakan tanpa melakukan pengecekan usia Cartridge. Kemudian tanpa disadari terjadi masalah pada printer akibat printer yang sudah berusia cukup lama. Oleh sebab itu, sebaiknya kenali juga lama waktu penggunaan printer agar bisa mengatasi masalah pada printer.

Baca Juga: Langkah dan Cara Membersihkan Cartridge Printer Canon ip2770 yang Tersumbat

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Bergaris

Dari mengenali penyebab hasil printer Canon yang bergaris dapat menentukan cara memperbaikinya. Permasalahan hasil cetakan printer Canon yang bergaris secara garis besar disebabkan karena cartridge printernya. Berikut ini beberapa cara memperbaiki cartridge printer Canon bergaris sesuai dengan penyebabnya.

1. Rendam Head Cartridge dengan Air Hangat

Cara memperbaiki cartridge printer Canon bergaris yang pertama adalah dengan merendam cartridge ke dalam air hangat atau alkohol. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pertama akibat cartridge yang lama tidak digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan, printer yang sudah tidak lama dipakai bisa mengalami pembekuan pada tintanya yang akan menyumbat Head Cartridge.

Karena permasalahan ini berada pada Head Cartridge yang tersumbat, maka perendaman cartridge juga hanya sebatas Head Cartridge-nya saja. Proses perendaman ini bisa dilakukan selama kurang lebih 15 menit saja. Setelahnya, angkat dan keringkan hingga benar-benar kering. Karena bila masih basah, hasil cetakan akan berantakan atau blobor.

2. Bersihkan Encoder

Cara berikutnya untuk memperbaiki cartridge printer Canon bergaris adalah dengan membersihkan bagian Encoder atau Timing Strip. Bagian Encoder merupakan bagian yang cukup rawan mengalami gangguan. Penyebabnya karena seringnya paper jam pada printer yang membuat bagian Encoder kemudian tertutup tinta. Oleh sebab itu, langkah memperbaikinya adalah dengan membersihkan Encoder.

Untuk membersihkan bagian Encoder bisa cukup dengan menggunakan tisu kemudian membersihkannya secara perlahan-lahan. Jangan terlalu kasar karena dapat menyebabkan Encoder menjadi rusak. Cara lainnya adalah dengan membuka Encoder, lalu merendamnya dengan air hangat. Setelah beberapa saat, keringkan Encoder hingga benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

3. Menyedot Tinta

Cara lain untuk memperbaiki cartridge printer Canon adalah dengan menyedot tinta pada cartridge-nya. Cara ini bisa dilakukan apabila terjadi penyumbatan pada tinta akibat tinta yang menggumpal. Menyedot tinta pada cartridge ini juga bisa digunakan sebagai pelengkap dari cara pertama yakni setelah merendam cartridge dengan air hangat.

Untuk menyedot tinta pada cartridge ini bisa dilakukan dengan menggunakan sedotan khusus. Lakukan sedotan menggunakan alat tersebut hingga cartridge kosong dari tinta-tinta yang menggumpal. Penyedotan tinta ini bisa dilakukan dari Head Cartridge hingga berbagai bagian cartridge lainnya, termasuk selang yang mendistribusikan cairan tinta. Pastikan cartridge benar-benar kosong dari tinta yang menggumpal sebelum digunakan kembali.

4. Menggunakan Head Cleaning

Untuk memperbaiki cartridge printer Canon yang memberikan hasil cetakan yang bergaris juga bisa dilakukan dengan melakukan Head Cleaning dari dalam komputer atau laptop. Head Cleaning ini merupakan salah satu fitur yang pasti disediakan oleh perusahaan printer termasuk Canon. Cara ini adalah yang paling sederhana dan bisa dilakukan secara berkala.

Untuk menggunakan fitur ini, buka software printer yang ada pada laptop atau komputer. Kemudian masuk pada bagian maintenance. Kemudian pilih bagian Cleaning untuk memulai proses Head Cleaning. Tunggu beberapa saat hingga printer melakukan proses Cleaning hingga selesai. Bila dirasa masih kurang, lakukan Deep Cleaning.

5. Membeli Cartridge Baru.

Cara ini adalah cara memperbaiki cartridge printer Canon bergaris yang terakhir yakni dengan membeli cartridge baru. Cara ini bisa dilakukan bila cara-cara di atas masih tidak bisa membuat hasil cetakan lebih baik. Membeli cartridge baru juga bisa dilakukan karena cartridge yang lama sudah usang, sehingga mengalami gangguan.

Permasalahan hasil cetakan yang bergaris memang bukan masalah yang besar bagi printer Canon. Bahkan printer lain juga pasti mengalami hal ini. Permasalahan hasil cetakan yang bergaris pada printer Canon biasanya disebabkan karena cartridge yang bermasalah. Sebelum melakukan cara memperbaiki cartridge printer Canon bergaris, sebaiknya kenali sumber permasalahannya terlebih dahulu.

Hubungi contac person kami jika Anda berminat untuk membeli cartridge bekas atau baru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *