Mari Kenali Bersama Alasan dan Cara Mengatasi Cartridge Printer Tidak Terdeteksi, Mudah dan Tanpa Ribet!

Memiliki cartridge printer yang biasa digunakan dalam keseharian? Pernahkah mengalami kendala bersamaan saat penggunaannya? Misal catridge tidak bisa dideteksi. Nah misalnya sedang mengalami demikian, jangan khawatir dan tetap tenang karena ada solusi mudah dalam penggunaannya. Dimana dalam ulasan ini akan dibahas mengenai apa alasan dan bagaimana cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi saat akan digunakan.

Secanggih apapun cartridge dan printer yang dimiliki, tidak akan menutup kemungkinan jika sewaktu-waktu mengalami kegagalan deteksi lho. Oleh sebab itu menjadi perlu sekali untuk mengetahui alasan dan cara penanganannya sebagai jaga-jaga atau penyelesaian jika sudah terjadi. Yuk tanpa berlama-lama lagi mari masuk pada berbagai ulasan mengenai cartridge, alasan dan cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi!

Apa Itu Cartridge Printer?

Nah sebelum mengenal cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi atau rusak maka alangkah lengkapnya untuk memahami apa itu cartridge printer. Jadi catridge merupakan salah satu komponen yang penting dan harus ada didalam printer jika ingin melakukan pencetakan berkas atau gambar. Dimana didalam cartridge sendiri menampung tinta berwarna yang bisa diproses untuk pencetakan gambar, tulisan atau berkas lainnya.

Didalam cartridge sendiri umumnya memiliki beberapa tempat untuk meletakan tinta warna yang dibutuhkan dan antar jenisnya memiliki perbedaan jumlah. Selain memiliki tempat untuk penampungan tinta, biasanya produsen akan memberikan tambahan chip atau kontak elektronik untuk menunjang performa cartridge. Sehingga mudahnya, cartridge merupakan alat tampung untuk tinta warna yang harus ada didalam printer jika ingin mencetak berkas.

Mengapa Catridge Printer Bisa Tidak Terdeteksi dan Rusak?

Setelah mengetahui apa itu cartridge maka kini perlu sekali memahami alasan mengapa cartridge yang digunakan bisa sampai tidak terdeteksi atau rusak. Apa saja kiranya alasan yang bisa mengakibatkan cartridge kesayangan rusak? Inilah uraiannya!

1. Sudah Lama Tidak Digunakan

Untuk alasan pertama mengapa catridge bisa mengalami kerusakan atau muncul kegagalan deteksi status tentu karena lama tidak digunakan. Cartridge dan printer yang terlalu dibiarkan tak bekerja dan beroperasi akan memungkinkan sistem didalamnya menjadi aus. Bahkan bisa saja komponen terkecil elektronik di dalamnya bisa berkarat dan itu memungkinkan fungsi kerjanya menjadi terganggu.

Sehingga seyogyanya adalah selalu menggunakan cartridge dan printer yang dimiliki secara berkala untuk mendeteksi kerusakan. Pastikan agar tinta yang ada di dalam catridge tidak sampai berubah kering karena ini bisa membahayakan dan menimbulkan kerusakan. Jika memang tidak memerlukan penggunaan printer dalam jangka waktu lama maka pengguna bisa mencopot rangkaian catridge dari printer.

2. Terlalu Banyak Mencetak

Kemudian alasan lainnya catridge printer bisa bermasalah adalah karena mungkin terlalu banyak mencetak dan dalam jangka waktu berdekatan. Namanya saja barang elektronik jika digunakan secara berlebihan dan secara non-stop itu bisa mengakibatkan hang bukan. Sehingga misalnya butuh pencetakan dalam jumlah besar, pastikan untuk mengistirahatkan seluruh komponen pencetakan yang ada selama beberapa waktu.

3. Tidak Mengalami Perawatan yang Baik

Selain dua alasan diatas, maka alasan lainnya catridge bisa  gagal terdeteksi dan terbaca adalah karena tidak mengalami perawatan yang baik. Misalnya saja setelah menggunakan pencetakan maka printer tidak kembali ditutup, cartridge dibiarkan dibuka dan kemudian enggan membersihkan kotoran yang menempel. Kemudian misalnya saja sudah habis jangka waktu penggunaanya masih terus dipaksakan sehingga catridge harus bekerja terlalu keras.

4. Terlalu Sering Kehabisan Tinta dan Tidak Diganti

Terlalu sering kehabisan tinta dan tidak mengganti tinta secara berkala juga menjadi salah satu faktor pendukung catridge tidak terdeteksi dan rusak. Jangan biarkan cartridge yang sering digunakan dibiarkan dalam keadaan kering dan tanpa tinta dalam jangka waktu lama. Keringnya sisa tinta bisa menempel pada tempat penyimpanan tinta cartridge,menghasilkan kerak dan jelas mengganggu performanya jika digunakan.

5. Melakukan Pengisian Tinta dengan Sembarangan

Alasan terakhir mengapa catridge bisa mengalami kerusakan dan gagalnya deteksi adalah karena melakukan pengisian tinta secara sembarangan dan serampangan. Misalnya saja adalah dengan menyuntikan tinta pada lokasi yang tidak semestinya, meninggalkan jejak tinta atau kotoran lainnya. Meski hanya pengisian tinta dan penggantian catridge, perlu sekali lho untuk memperhatikan kebersihan dan tidak melakukannya dengan terburu-buru!

Berikut Cara Mengatasi Cartridge Printer yang Bermasalah dan Tak Mau Terdeteksi

Nah jika ada kemungkinan rusak dan munculnya kegagalan pendeteksian cartridge maka tentu saja ada juga cara mengatasinya. Apa saja kiranya cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi itu? Yuk simak bersama-sama!

1. Melakukan Reset Ulang Secara Manual

Untuk cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi yang pertama adalah dengan melakukan reset ulang secara manual pada printer yang dimiliki. Biasanya dengan mereset dan menyalakan ulang printer yang dimiliki bisa membantu sistem yang gangguan kembali bekerja dengan baik. Oleh sebab itu untuk cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi pada tahapan pertama adalah dengan mematikannya dan menghidupkannya kembali.

Biasanya cartridge atau printer yang bermasalah akan memberi sinyal dan tanda pada komputer atau laptop yang tersambung. Tanda tersebut akan tampak pada layar melalui keterangan dan simbol tertentu,jika menemukan peringatan ini segera reset ulang printer yang dimiliki. Cabut printer dari komputer atau laptop, matikan secara manual kemudian hidupkan kembali dan sambungkan kembali pada perangkat pendukung.

Baca Juga: Cara Instal Cartridge Printer Canon Ip2770 yang Benar dan Tips Merawatnya

2. Membersihkan Kondisi Cartridge dari Debu atau Gangguan Lainnya

Selanjutnya cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi lainnya jika cara diatas kurang berhasil dilakukan adalah dengan mengecek kebersihannya. Bisa saja catridge yang dimiliki tersebut tertutup dengan debu, sisa tinta atau kotoran lainnya yang mengakibatkan gagal deteksi. Oleh sebab itu bisa dengan membersihkan seluruh area cartridge dan printer yang tengah digunakan dengan sebelumnya mematikannya terlebih dahulu.

3. Mengatur Ulang Posisi Catridge yang Ada

Cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi yang lainnya adalah dengan mengatur ulang posisi catridge yang dimiliki. Bisa saja banyaknya pencetakan yang dilakukan memang menggeser kedudukan dan posisi cartridge yang seharusnya sejajar menjadi berbeda. Bedanya posisi catridge dan bergesernya catridge bisa membuatnya tidak terdeteksi pada printer.

Oleh sebab itu bisa sekali lakukan pengecekan dan aturlah ulang posisi catridge sesuai dengan posisi awal. Dengan tidak lupa untuk mematikan printer yang digunakan dan membuka cover printer yang ada secara perlahan. Kemudian jika sudah mengatur ulang posisi catridge kini bisa kembali melakukan penghubungan dan pengecekan status  catridge yang ada.

4. Cek Posisi Chip Head Cartridge yang Dimiliki

Misalnya berbagai cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi seperti tahapan diatas sudah dilalui namun tidak bekerja dengan baik. Maka langkah lainnya adalah dengan melakukan pengecekan posisi chip head cartridge yang dimiliki, apakah posisinya terbalik atau tertukar. Biasanya bagian head chip ini berada tepat pada bagian tutup tempat catridge, cek lah kebersihannya, ketepatan posisi atau kondisinya.

Nah itulah diatas beberapa uraian mengenai pengertian, alasan dan cara mengatasi catridge printer tidak terdeteksi secara mudah dan tepat. Sehingga sebelum pergi ke toko reparasi atau service pemilik catridge bisa melakukan pengecekan secara manual sendiri ya. Pastikan agar catridge tidak rusak harus rajin membersihkannya dari debu, mengganti tintanya dengan tepat dan melakukan pengecekan berkala. Hubungi contack person kami jika ingin beli cartridge bekas atau baru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *