Langkah dan Cara Membersihkan Cartridge Printer Canon ip2770 yang Tersumbat

Meski menjadi printer yang banyak digemari, printer Canon ip2770 juga bisa mengalami masalah pada cartridge. Ada banyak penyebab masalah pada cartridge, diantaranya karena ada sumbatan yang harus dibersihkan. Adanya sumbatan pada cartridge membuat hasil cetakan dari printer ini tidak maksimal. Berikut ini cara membersihkan cartridge printer canon ip2770 yang tersumbat.

1. Kenali Penyebab Penyumbatan Cartridge

Sebelum mulai melakukan cara membersihkan cartridge printer canon ip2770 yang tersumbat, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab penyumbatannya. Ada banyak sekali penyebab penyumbatan cartridge yang membuat cartridge tidak bisa mengeluarkan tinta. Beberapa penyebab penyumbatan cartridge antara lain:

  • Printer yang sudah lama tidak digunakan. Penyebab yang paling umum adalah karena printer sudah lama tidak digunakan. Printer yang lama tidak digunakan akan membuat tinta menjadi menggumpal, kemudian menyumbat bagian cartridge printer.
  • Tidak pernah melakukan head cleaning. Selain karena sudah lama tidak digunakan, printer yang tidak pernah dilakukan head cleaning juga bisa mengalami penyumbatan.
  • Adanya kotoran atau debu yang menyumbat. Adanya debu yang menyumbat membuat tinta printer tidak bisa keluar. Selain itu bisa jadi adanya angin pada selang dari box tinta bisa menyebabkan tinta macet.

Dengan mengenali penyebab penyumbatan ini, akan menjadi lebih mudah untuk melakukan pembersihan pada cartridge printer Canon ip2770.

Baca Juga: Cara Membersihkan Cartridge Printer HP yang Sudah Lama Tidak Digunakan

2. Lakukan Head Cleaning Terlebih Dahulu

Terkadang permasalahan pada cartridge tidak harus diselesaikan dengan cara membongkar cartridge dari printer. Untuk membersihkan cartridge bisa dengan melakukan cara lain seperti melakukan head cleaning. Cara membersihkan cartridge printer Canon ip2770 yang satu ini sangat mudah karena bisa dilakukan tanpa membongkar dan hanya melalui perangkat lunak bawaan printer saja.

Untuk melakukan hal ini, buka perangkat lunak bawaan printer lalu masuk pada bagian maintenance. Pilih bagian Cleaning lalu tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan cartridge selesai dilakukan. Bila dirasa masih kurang, lakukan Deep Cleaning dan tunggu beberapa saat. Setelah melakukan head cleaning, jangan lupa lakukan uji print untuk mengetahui hasilnya.

Bila hasil uji print masih kurang maksimal, lakukan kembali Cleaning atau Deep Cleaning sebanyak satu atau dua kali. Namun, bila sudah satu atau dua kali tetap tidak berubah, maka cara membersihkannya harus dilakukan secara manual dengan membongkar cartridge.

3. Siapkan Bahan-Bahan Pembersihnya

Setelah melakukan Head Cleaning dan tidak berhasil, maka cara membersihkan cartridge printer Canon ip2770 yang tersumbat harus dilakukan secara manual. Siapkan terlebih dahulu beberapa bahan-bahan pembersih untuk membersihkan cartridge. Bahan-bahan ini bisa didapatkan dengan mudah. Bahan tersebut antara lain:

  • Mangkuk atau piring
  • Tisu yang lembut
  • Air panas secukupnya
  • Tinta isi ulang. Nantinya ini digunakan setelah semua langkah dilakukan.
  • Sedotan khusus

4. Tuang Air Hangat

Setelah semua bahan disiapkan, tuang air hangat ke dalam mangkuk kecil atau piring. Tuang air hangat secukupnya saja, tidak perlu terlalu banyak, tetapi juga tidak terlalu sedikit. Sebisa mungkin pastikan volume air hanya berukuran sebagian cartridge dan jangan sampai lebih tinggi dari cartridge.

5. Bongkar Cartridge dari Printer

Setelah air hangat tertuang ke dalam mangkuk atau piring kecil langkah selanjutnya adalah dengan melakukan tindakan pada printer. Pada langkah ini bertujuan untuk mengambil dan memindahkan Cartridge printer Canon ip2770 yang tersumbat dari bodi printer. Lakukan secara hati-hati agar printer tidak mengalami kerusakan yang fatal.

Untuk membongkar cartridge dari printer, pastikan printer berada dalam kondisi nyala. Kemudian buka bagian penutup printer ke atas dan tunggu hingga cartridge bergerak ke tengah secara otomatis. Tekan bagian penjepit cartridge ke atas hingga cartridge terlepas. Proses ini sedikit membutuhkan tenaga dan kehati-hatian.

6. Rendam Cartridge

Setelah cartridge berhasil dilepaskan dari printernya, kemudian rendam bagian Head Cartridge pada piring atau mangkuk yang sudah berisi air hangat tadi. Pastikan yang terendam hanya pada bagian Head Cartridge saja. Jangan sampai merendam cartridge secara keseluruhan. Biasanya permasalahan penyumbatan ini hanya pada Head Cartridge-nya saja.

Proses perendaman ini memerlukan waktu beberapa saat. Kurang lebih sekitar 15-20 menit bergantung pada kondisi permasalahan. Air hangat pada mangkuk atau piring akan mencairkan tinta-tinta yang beku dan menyumbat bagian Head Cartridge.

Tunggu hingga air pada mangkuk atau piring tersebut mulai terkontaminasi dengan tinta. Air yang terkontaminasi dengan tinta merupakan tanda bahwa tinta tersebut mulai mencair dan terlepas dari cartridge printer.

7. Bersihkan dengan Tisu dan Sedotan

Setelah direndam beberapa saat atau sudah mencapai waktu 15-20 menit, angkat cartridge dan bersihkan dengan tisu yang lembut. Gunakan tisu yang lembut dan bersihkan dengan hati-hati. Jangan membersihkan dengan terburu-buru karena dapat merusak elemen pada Head Cartridge. Pemilihan tisu yang lembut juga untuk mencegah agar proses ini bisa berjalan dengan baik.

Lakukan dengan hati-hati dan pastikan Head Cartridge benar-benar kering sebelum dipasang kembali. Pastikan pula tidak ada sisa-sisa tisu yang menempel pada Head Cartridge. Tisu yang menempel pada Head Cartridge bisa menjadi penyebab masalah lain pada cartridge. Bila perlu, gunakan sedotan khusus untuk menyedot sisa-sisa air dan tinta pada Head Cartridge.

8. Isi Ulang Tinta dan Pasang Kembali Cartridge

Setelah memastikan bahwa tidak ada lagi tinta yang tersumbat pada cartridge dan cartridge sudah dalam kondisi kering, lakukan pengisian ulang tinta pada Cartridge. Pengisian ulang ini bisa dengan menggunakan jarum atau suntikan dan tisu untuk membersihkan tinta yang berceceran.

Setelah cartridge diisi ulang dengan tinta kemudian pasang kembali selang infus dan sambungkan dengan cartridge. Pastikan selang terpasang dengan baik, kemudian pasang kembali cartridge ke dalam printer. Proses memasukkan cartridge ke dalam printer adalah kebalikan dari proses lepasnya tadi. Namun yang perlu diperhatikan adalah tetap lakukan dengan hati-hati.

Biasanya kasus yang sering terjadi adalah selang tidak terpasang dengan baik, sehingga cartridge tidak mengeluarkan tinta dari selang infusnya. Proses pemasangan selang dan pemasangan cartridge harus dilakukan dengan tepat agar tinta bisa mengalir dan cartridge bisa bekerja kembali.

9. Lakukan  Pengujian Cetakan

Setelah terpasang, lakukan pengujian hasil cetakan dari printer Canon ip2770. Tindakan ini dilakukan untuk menguji apakah cartridge printer sudah benar-benar bersih dan berfungsi. Untuk melakukan pengujian bisa dengan memanfaatkan fitur Test Print pada perangkat lunak bawaan printer atau langsung saja digunakan untuk mencetak sebuah dokumen.

10. Ganti dengan Cartridge Baru

Jika setelah melakukan pengujian hasil cetakan ternyata tidak membuahkan hasil, bisa jadi permasalahannya adalah karena cartridge printer tersebut sudah rusak. Sehingga dengan cara membersihkan cartridge printer Canon ip2770 tetap tidak akan membuahkan hasil. Bila hal ini yang terjadi maka satu-satunya cara adalah dengan mengganti cartridge lama dengan cartridge baru. Disini kami melayani jual beli cartridge, Anda dapat menghungi contack person kami untuk membeli cartridge.

Permasalahan cartridge yang tersumbat adalah permasalahan yang sangat umum dan normal terjadi pada printer, termasuk printer Canon ip2770. Namun, sebelum mengganti dengan cartridge baru yang harganya tidak murah, bisa dengan cara membersihkan cartridge printernya terlebih dahulu. Siapa tahu, dengan melakukan cara membersihkan cartridge printer Canon ip2770 yang tersumbat, cartridge kemudian bisa berfungsi kembali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *