Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Yang Rusak

Cartridge merupakan salah satu bagian yang ada pada printer dan memiliki peran yang sangat penting. Di mana sebuah printer tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya bagian tersebut. Maka dari itu bagian printer ini harus dijaga dan dirawat dengan baik. Karena cara memperbaiki cartridge printer yang rusak tidak mudah seperti yang dibayangkan.

Di mana bagian printer harus diketahui terlebih dahulu untuk mengetahui mana yang perlu diperbaiki jika salah satu bagian mengalami kerusakan. Karena jika tidak mengetahui bagian tersebut, printer yang bertujuan akan diperbaiki namun semakin rusak. Disebabkan bagian tersebut tidak sesuai dengan bagian printer yang rusak. Sehingga perbaikan yang diharapkan namun printer semakin rusak.

Penyebab Kerusakan Pada Bagian Cartridge Printer

Printer yang dimiliki tidak selamanya akan baik-baik saja jika tidak merawat benda tersebut dengan baik. Salah satunya pada bagian cartridge yang sering mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh beberapa hal. Namun hal tersebut seringkali diabaikan oleh pemilik printer. Maka dari itu, yuk simak penjelasan berikut mengenai penyebab kerusakan bagian cartridge printer.

1. Melampaui Batas atau Kapasitas Printer

Sebuah printer yang dimiliki akan cepat mengalami kerusakan jika mencetak file sekaligus  dalam jumlah banyak. Di mana file yang dimaksud ini seperti file tugas kuliah maupun tugas dari kantor. Seseorang mencetak file yang sekaligus bertujuan agar menghemat waktu print. Namun tidak diketahui bahwa hal tersebut bisa menyebabkan kualitas daya tahan print akan menurun.

Mengapa demikian ? Karena kapasitas print sudah melebihi atau melampaui batas maksimal. Namun hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan membagi file yang akan di print ke dalam beberapa bagian. Seperti tahap pertama bisa print sebanyak 20 saja hingga jumlah halaman pada file sudah selesai dicetak. Meskipun membutuhkan waktu yang lama namun hal tersebut bisa menghindari kerusakan pada print.

2. Tidak Digunakan Secara Rutin

Dalam perawatan print juga sebaiknya selalu menggunakan secara rutin. Dengan tujuan agar print tidak mudah rusak termasuk pada bagian cartridge printer. Di mana pada bagian ini merupakan tempat penyimpanan tinta yang akan digunakan nantinya untuk mencetak file yang ada pada komputer. Namun tinta yang mencair tersebut juga akan mengering jika tidak rutin digunakan.

Maka dari itu, pengguna print sebaiknya menggunakan print untuk mencetak file beberapa lembar setiap satu kali satu minggu. Sehingga tinta yang ada di dalam print tidak mengering dan membeku karena lama tidak digunakan untuk mencetak file komputer. Oleh nya itu, jangan membiarkan tinta yang ada pada printer mengering untuk menghindari kerusakan yang akan terjadi.

3. Jangan Membiarkan Tinta Printer Habis

Penyebab lain cartridge printer mengalami kerusakan adalah karena sering membiarkan tinta habis. Hal ini terjadi jika mencetak warna hitam secara terus menerus sehingga mengabaikan untuk mengisi warna lainnya. Sehingga tempat untuk tinta warna akan kering karena tidak diisi. Oleh karena itu, tempat tinta akan merasa panas yang sangat tinggi.

Melihat hal tersebut bisa menyebabkan korsleting pada print. Maka dari itu, sebaiknya menggunakan tinta eksternal agar lebih mudah untuk mengecek kondisi tinta. Pastikan tinta apakah masih cukup atau tinggal sedikit. Jika tinggal sedikit, langsung lakukan pengisian ulang tinta untuk menghindari kehabisan. Sehingga cartridge bisa lebih awet dan tahan lama untuk digunakan. Kami disini menyediakan layanan jual cartridge, Anda dapat menghubungi kontak person yang ada pada situs kami.

4. Gunakan Cara Pengisian Tinta Yang Tepat dan Benar

Ada dua cara yang bisa dilakukan dalam proses mengisi ulang tinta printer yang dimiliki. Cara tersebut antara lain bisa dengan infus dan juga mengisi dengan cara suntik. Namun sebenarnya untuk cara mengisi tinta yang lebih efektif dilakukan adalah dengan menggunakan cara infus. Karena tidak perlu lagi membongkar printer untuk mengisi tinta printer.

Karena cara yang dilakukan tersebut harus tepat jika menggunakan suntik. Di mana jangan mengisi tinta terlalu penuh untuk menghindari agar bagian cartridge tidak jebol. Maka dari itu, cara yang efektif adalah dengan menggunakan pengisian tinta secara infus. Tempat tinta infus ini memang berada di luar print dan tinggal di tuang saja sehingga tidak perlu membongkar print.

5. Sangat Jarang Melakukan Perawatan Print

Memiliki sebuah printer memang perlu untuk dirawat. Dengan tujuan agar printer tersebut bisa berjalan dengan baik dan bisa bertahan lama untuk digunakan. Karena printer yang hanya digunakan saja namun tidak dirawat secara rutin akan mudah rusak. Namun perawatan yang dilakukan juga harus melihat dari keseringan penggunaan untuk mencetak file komputer.

Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan print setiap satu kali dalam satu minggu. Di mana perawatan yang bisa dilakukan seperti selalu menggunakan printer secara rutin. Dengan tujuan agar tinta yang ada tidak mudah kering. Selain itu, selalu memperhatikan tinta printer jangan sampai tinta tersebut habis. Karena jika tersebut terjadi bisa menyebabkan printer mudah rusak dan tidak akan bertahan lama sesuai yang diharapkan.

Baca juga: Cara Mengganti Cartridge Printer yang Mudah Dilakukan

Apa yang Harus Dilakukan Jika Printer Yang Rusak ?

Berbagai komponen print seperti cartridge tentu akan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Karena melihat dari penyebab terjadinya cartridge printer mudah rusak ini merupakan hal sepele saja. Lantas bagaimana cara memperbaiki cartridge printer yang rusak tersebut agar bisa digunakan kembali. Yuk simak, berikut penjelasan lengkap mengenai cara memperbaiki cartridge printer yang rusak.

1. Buka Bagian Atas Penutup Cartridge dan Temukan Busa Nya

Cara pertama adalah dengan membuka bagian atas penutup cartridge printer. Di mana cara membuka tersebut cukup dengan mencongkelnya saja menggunakan alat seperti obeng agar tidak patah. Selanjutnya, temukan busa yang ada di dalam cartridge printer. Kemudian lepaskan busa yang menyebabkan tinta mengering dan cuci sampai bersih.

2. Bersihkan Tank Cartridge Printer

Setelah busa tersebut di cuci kemudian akan dikeringkan di bawah terik matahari. Jika busa sudah kering maka langkah selanjutnya dengan membersihkan tank (bak) cartridge. Di mana cara membersihkan tank (bak) ini bisa menggunakan kain yang memiliki tekstur lembut. Dengan tujuan agar tidak merusak bagian tersebut pada proses pembersihan tank cartridge.

3. Pasang Busa Kembali dan Tutup Tank

Cara memperbaiki cartridge printer yang rusak berikutnya dengan memasang kembali busa yang telah dibuka. Di mana pemasangan tersebut harus sesuai dengan tempat semula dari bagian ini. Selain itu, tutup pula tank (bak) cartridge printer yang telah dibuka sebelumnya. Untuk cara menutup ini bisa menggunakan lem perekat yang seperti power glue.

4. Perhatikan Proses Lem Tank (Bak)

Menutup tank (bak) cartridge printer memang membutuhkan lem sebagai alat perekat. Dengan tujuan agar bagian tersebut tidak mudah terbuka kembali. Maka dari itu, jika memberikan lem sebaiknya perhatikan pada bagian contact chip. Di mana bagian contact chip atau kuningan ini tidak boleh terkena lem sedikitpun agar bisa berfungsi dengan baik pada saat menggunakan print.

5. Suntik Tinta Pada Tank

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan suntikan tinta pada bagian tank (bak) cartridge printer. Namun tinta yang disuntik ini sebanyak 30 persen saja. Dengan tujuan untuk menghindari kekeringan atau kehabisan pada tinta printer. Sehingga print tersebut bisa berjalan dengan baik ketika digunakan nantinya. Selain itu, cartridge printer akan lebih awet dan tahan lama karena tinta tidak membeku.

6. Melakukan Setting Pada Bagian Cleaning

Langkah terakhir pada cara memperbaiki cartridge printer yang rusak adalah melakukan setting pada cleaning. Pertama membuka properti printer di komputer. Kemudian klik maintenance dan akan muncul tampilan untuk klik pilihan cleaning pada pojok kiri atas. Selanjutnya klik laksanakan dan tunggu beberapa menit hingga proses pembersihan ini selesai.

Itulah beberapa paparan mengenai penyebab kerusakan cartridge printer dan cara memperbaiki cartridge printer yang rusak. Di mana penyebab terjadinya kerusakan karena perawatan pada printer yang tidak dilakukan dengan rutin seperti mencetak secara berkala. Selain itu, pengisian tinta juga perlu untuk diperhatikan sehingga tinta print tidak akan kehabisan dan mengering.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *