Cartridge Printer HP Tidak Terdeteksi, Memahami Cara Kerja, Penyebab Serta Cara Mengatasinya

Pernah mengalami masalah pada cartridge printer hp tidak terdeteksi? Jika pernah maka ada kendala yang terjadi. Hal ini harus segera diatasi agar cartridge printer bisa digunakan kembali secara normal. Penggunaan cartridge memang menjadi bagian yang begitu penting bagi pengguna yang harus mencetak dokumennya.

Saat masalah muncul, yaitu cartridge yang tidak terdeteksi maka harus segera diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memahami cara kerja printer, kenapa tidak bisa terdeteksi hingga cara mengatasi printer hp agar terdeteksi kembali. Sehingga pekerjaan dalam hal cetak dokumen menggunakan printer bisa berjalan lancar.

Memahami Cara Kerja Printer HP

Printer Hp ini dilengkapi dengan cartridge model injeksi, yang memang lebih murah dan mudah digunakan. Namun, jika cartridge printer hp ini tidak hati-hati saat pengisian maka akan terjadi kendala, seperti tinta yang melebar keluar. Maka metode pengisian tinta hp harus diperhatikan dengan baik dan benar agar printer bisa berjalan lancar.

Dalam menjalankan printer, ada tiga tahap yang dilalui, yaitu persiapan, pengaturan serta percetakan. Pada tahap persiapan, maka arus listrik harus mengalir pada printer. Dan printer mendeteksi pula sinyal dari komputer atau laptop yang terhubung. Jika terjadi kecocokan maka printer bisa langsung mendeteksi perangkat komputer atau laptop.

Siapkan pula kertas pada tray sehingga sensor printer langsung mendeteksi dan mencetak. Di tahap selanjutnya yaitu pengaturan, maka dipilih sesuai kebutuhan pengguna seperti level high standard, Ekonomi hingga custom. Dan saat pengaturan bisa pula memilih warna yang diinginkan apakah berwarna atau monokrom saat mencetak.

Tahap berikutnya yaitu mencetak, setelah semua settingan sudah diatur tinggal menekan tombol “OK” pada komputer atau laptop. Sistem ini berjalan yaitu dengan bantuan kabel USB yang terhubung pada laptop dan Printer. Kemudian PCB printer dan akhirnya stepper motor penggerak kepala printer menghasilkan perintah untuk mencetak. Yang pada akhirnya tray pinter bergerak mengeluarkan hasilnya.

Dengan memahami seperti apa cara kerja dari printer hp. Maka berikutnya harus dilakukan deteksi dini saat printer Hp tidak terbaca. Tentunya disebabkan oleh beberapa faktor dan Printer Hp harus diatasi dengan beberapa cara agar berfungsi kembali.

Penyebab Cartridge Printer Hp Tidak Terdeteksi

Terkadang permasalahan yang dihadapi saat cartridge tidak terdeteksi membuat pengguna akan mencari jawabannya. Dengan cara memperhatikan beberapa hal yang terjadi, terutama bagian cartridge apakah sudah benar atau tidak.

1. Tinta Terlalu Penuh

Tinta merupakan alat penting saat akan melakukan pencetakan mesin Printer. Pemilihan tinta akan berpengaruh pada kualitas tinta print yang dihasilkan. Pastikan tinta cartridge layak untuk digunakan dan saat melakukan pengisian harus teliti dan tepat. Karena jika pengisian tinta pada cartridge terlalu penuh, akibatnya cartridge canon tidak terdeteksi.

Pengaruh saat pengisian injeksi tinta inilah yang menyebabkan cartridge kepenuhan. Karena memang tingkat kesulitan saat mengisi dengan cara injeksi sangat beresiko. Jika tidak tepat akan menimbulkan tinta yang terlalu penuh pada pengisian cartridge.

2. Cartridge Kotor

Penyebab lain canon tidak terdeteksi bisa dari pengaruh cartridge yang kotor. Penggunaan cartridge secara terus menerus tanpa dilakukan cek berkala akan mengakibatkan sisa tinta mengotori cartridge. Jika ingin memastikan cartridge bisa terdeteksi maka harus mencoba membersihkan tempatnya.

Caranya dengan melakukan pelepasan cartridge, secara perlahan pada bagian atas dibersihkan menggunakan tisu. Pada tahap cleaning cartridge ini dibutuhkan kesabaran agar cartridge tetap terjaga, tidak rusak karena goresan.

3. Terjadi Sumbatan

Hal lain yang menimbulkan adanya Canon print tidak terdeteksi yaitu disebabkan oleh sumbatan pada cartridge. Sumbatan ini karena tinta yang ada pada cartridge mengalami pengeringan dibagian arah keluarnya tinta. Sehingga cartridge tidak terbaca dengan baik saat akan digunakan.

Untuk mendeteksi adanya sumbatan yang terjadi pada cartridge, maka harus dengan mencopot cartridge dan merendamnya pada cleaner. Tentunya terlebih dahulu harus mengeluarkan sisa tinta yang ada di dalam cartridge. Setelah perendaman tinggal mengeringkan cartridge dengan tisu atau lap yang lembut. Lakukan dengan baik dan benar agar cartridge tidak mengalami kendala saat pengeringan.

4. Cartridge Rusak Total

Jika segala hal sudah dilakukan dalam melakukan cek pada cartridge untuk mengetahui penyebabnya. Maka hal terakhir yang menjadi penyebab cartridge hp printer tidak terdeteksi yaitu terjadi kerusakan total. Hal ini tentu sangat fatal akibatnya dan pengguna harus mengganti dengan cartridge yang baru.

Cartridge memang benda yang sangat beresiko jika tidak memiliki kehati-hatian dalam melakukan perawatan. Oleh karena itu, timbulnya Cartridge Hp yang tidak terdeteksi menjadikan masalah tersendiri. Segala penyebab harus dicari tahu dan dilakukan pengecekan. Yang selanjutnya melakukan cara jitu agar cartridge printer Hp bisa terdeteksi kembali. Disini kamu menyediakan layanan jual cartridge.

Cara Mengatasi Cartridge Printer Hp Tidak Terdeteksi

Untuk mengatasi masalah yang timbul akibat cartridge hp yang tak terbaca atau terdeteksi yaitu dengan hal berikut ini. Hal ini merupakan cara yang sederhana untuk dilakukan agar cartridge bisa lancar digunakan kembali.

  1. tunggulah agar cartridge hidup terlebih dahulu dengan menekan tombol power. Serta menunggu cartridge bergeser ke kanan kemudian tunggu agar cartridge bergeser ke kiri dan berhenti.
  2. perhatikan pada layar monitor laptop atau komputer, cartridge yang tidak terdeteksi. Misalnya cartridge dengan tinta warna tidak terbaca.
  3. saat sudah mengetahui cartridge hp mana yang ternyata tidak terdeteksi pada layar. Maka angkatlah cover dengan melakukan pencabutan cartridge warna yang tadi tidak terbaca.
  4. kemudian tutup cover dan menunggu agar cartridge ditempatkan yang sesuai.
  5. buka cover printer hp yang selanjutnya mengambil cartridge hitam untuk kemudian memasang cartridge warna.
  6. buka kembali cover printer hp dan cek pada layar monitor. Jika terlihat bahwa gambar cartridge not recognized pada bagian tinta hitam maka cara ini berhasil. Selanjutnya tinggal memasang kembali cartridge dengan tinta hitam pada tempatnya secara tepat.
  7. cek pada layar monitor, bahwa cartridge warna maupun hitam harus dipastikan sudah terbaca kembali. Seharusnya semua sudah terlihat normal di layar monitor untuk menunjukan cartridge hp tetap berfungsi.
  8. namun, saat ditahap sebelum ini cartridge tidak terbaca juga dan keduanya not recognized. Artinya cartridge warna serta hitam sama sekali sudah tidak berfungsi atau rusak total. Jika mengalami kerusakan pada cartridge hp maka harus mengganti dengan yang baru agar printer hp bisa digunakan kembali.

Dengan melihat beberapa cara yang dilakukan, maka pengguna bisa mengatasi masalah cartridge printer hp dengan baik. Namun jika kerusakan total sudah terjadi artinya tidak ada pilihan lain untuk mengganti cartridge dengan yang baru. Sehingga printer hp bisa digunakan.

Baca Juga: Cartridge Printer Canon ip2770 Tidak Bergerak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesimpulan

Dalam mengatasi masalah yang terjadi pada printer hp yang tidak terdeteksi oleh layar komputer atau laptop. Maka pengguna terlebih dahulu bisa memahami cara kerja cartridge yang kemudian lakukan pencarian pada sebab masalah yang muncul. Selanjutnya untuk mencari solusi agar cartridge tetap bisa digunakan kembali dengan baik dan normal.

Sebelum mengalami kerusakan, sebaiknya cartridge harus dicek berkala untuk mencegah timbulnya masalah. Seperti cartridge printer hp tidak terdeteksi pada layar komputer atau laptop. Sehingga bisa mencegah terlebih dahulu dengan cara melakukan perawatan cartridge dan memperhatikan kondisi tinta cartridge. Dengan begitu ketidakfungsian bisa diminimalisir terjadi dan segera teratasi dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *