Cara Mengganti Cartridge Printer Yang Mudah Dilakukan

Bagian dari printer yang selalu menjadi perhatian adalah cartridge. Kenapa? Karena cartridge merupakan bagian penting untuk menampung tinta agar cetak dokumen bisa dilakukan. Tanpa tinta pada cartridge printer maka dokumen manapun tidak akan tercetak. Oleh karena itu, pentingnya penggunaan serta perawatan yang harus diutamakan pada cartridge printer ini perlu dilakukan. Sehingga memperlancar pekerjaan dalam urusan mencetak dokumen yang dibutuhkan pengguna untuk pekerjaannya. Maka ada hal yang harus dipersiapkan sebagai cara mengganti cartridge printer, sebagai berikut.

1. Mengetahui Merk Printer Serta Model

Biasanya cartridge akan menyediakan pada jenis printer yang digunakan oleh pengguna. Ada berbagai merk printer yang ada ini tentu harus dipilih yang sesuai. Dalam menentukan jenis cartridge bisa dengan melihat merk printer yang digunakan. Atau bisa dengan nomor model yang terdapat pada printer yang digunakan.

Hal ini sangat penting untuk diketahui karena saat melakukan pergantian cartridge dari yang lama ke yang baru. Dibutuhkan kecepatan seri cartridge tersebut harus cocok dengan printer yang sedang digunakan saat ini. Jika terjadi kesalahan atau ketidakcocokan tentu pengguna akan rugi dan harus menyediakan cartridge yang baru.

2. Nyalakan Printer Dan Buka Penutupnya

Cara mengganti cartridge printer selanjutnya perhatikan saat menyalakan printer, pastikan arus listrik normal dan posisikan colokan printer dengan baik. Kemudian Nyalakan tombol printer yang ada pada alat print. Buka dengan hati-hati penutup printernya hingga cartridge bergeser ke arah tengah mesin print. Tekan tombol ink pada ikon drop Sehingga cartridge mampu keluar dengan baik.

Lakukan dengan hati-hati dan jangan mencoba untuk menarik head pada printer dari home nya. Karena haid akan keluar dengan otomatis saat tutup terbuka atau saat tombol pada sisanya ditekan dengan benar. Perhatikan dengan seksama dan penuh hati-hati agar cartridge bisa dikeluarkan dengan benar.

3. Lakukan Pencatatan

Pencatatan perlu dilakukan saat cartridge sudah keluar dari rumah utamanya pada printer. Maka perhatikan baik-baik cartridge tersebut, karena diluar cover terlihat nomor seri dan label. Pada nomor seri dan label tentu berbeda-beda tulisannya berdasarkan produsen yang melakukan produksi cartridge.

Pentingnya pencatatan adalah mengetahui secara spesifik dari jenis cartridge yang dipakai. Sehingga saat dilakukan cara mengganti cartridge printer yang baru bisa tepat karena sesuai dengan yang sudah ada. Pelabelan ini juga penting sebagai merek dan seri yang mendeteksi produsen pembuat serta ciri khas dari cartridge tersebut.

4. Ganti Cartridge Lama Menggunakan Cartridge Yang Baru

Penggantian cartridge merupakan salah satu solusi agar cartridge terhindar dari masalah yang menghambat cartridge tidak bisa digunakan. Maka cara melakukan pergantian cartridge yang kosong dengan mencopot yang lama serta mengganti dengan cartridge baru. Dengan memperhatikan pula merk printer, seri cartridge hingga produsen yang tertera pada cartridge.

Jika masih ragu mendapatkan cartridge yang sesuai merk printer. Bisa dengan cara membawa cartridge yang sudah dipakai ke toko dan mintalah untuk mencarikan yang sesuai dengan cartridge tersebut. Sehingga pengguna bisa mendapatkan cartridge yang tepat. Karena jika produsen dan merk cartridge berbeda maka cartridge tidak bisa digunakan.

5. Gantilah Cartridge Kosong Dengan Baik

Cara mengganti cartridge kosong yaitu harus melalui proses yang baik dan benar agar tidak timbul masalah. Hal ini disesuaikan dengan model printer yang dimiliki oleh pengguna serta beberapa cartridge yang bisa dipilih. Warna tinta akan terlibat pula pada label tampilan cartridge yang selanjutnya cengkramlah cartridge. Beberapa cartridge terdapat klip yang ditekan guna pelepasan cartridge di tray tinta.

Selanjutnya tarik cartridge di titik perekatnya, keluarkan perlahan. Yang artinya harus sudah mempersiapkan cartridge pengganti untuk dipasang. Jangan biarkan head print dalam keadaan kosong terlalu lama karena akan mengalami pengeringan. Yang tentunya berpengaruh pada cartridge tidak bisa digunakan lagi atau broken.

6. Lakukan Pengocokan Cartridge

Sebelum melakukan pemasangan cartridge yang sudah terisi tinta. Cobalah untuk melakukan Pengocokan perlahan pada cartridge yang akan dipasang. Hal ini berguna agar menjaga tinta merata dan tidak ada gumpalan yang terjadi di bagian dalam cartridge. Bentuk tinta isi pada cartridge yang cair ini menentukan pula kualitas yang dihasilkan.

Dalam melakukan pengocokan pada cartridge sebelum membongkar segel agar tidak terjadi kebocoran pada bagian atasnya. Melakukan pengocokan harus secara perlahan dan pastikan cartridge tetap dalam posisi yang benar.

Baca juga:  Cara Membersihkan Cartridge Printer Canon

7. Lepaskan Alat Pelindung

Alat Pelindung ini terpasang pada cartridge di salah satu sisinya. Setiap pelindung yang menutupi dispenser tinta tersebut berbeda satu dengan lainnya tergantung pada merk cartridge. Hampir semua cartridge saat ini mempunyai stiker pelindung atau pasti potongan diatas sisi cartridge. Sebelum dilakukan instalasi maka harus menyingkirkan stiker pelindung tersebut atau potongan plastik yang ada pada cartridge.

Hal ini dilakukan guna menjaga cartridge tetap berkualitas dan tidak mengalami bocor atau kering. Namun, saat pemasangan yang baru terjadi pada cartridge printer. Maka pelepasan pelindung harus dilakukan agar tinta yang digunakan bisa keluar dengan lancar untuk mencetak dokumen.

8. Masukkan Cartridge Pada Printer

Jika sudah melakukan persiapkan total maka cara mengganti cartridge printer selanjutnya tinggal memasukkan cartridge pada printer yang digunakan. Cara mengganti cartridge kosong yaitu berbanding terbalik pada saat melepaskan cartridge dari printer. Lakukan dengan cara memperhatikan sudut yang tepat saat cartridge akan dipasang. Lihat ketepatan yang benar saat tangan meletakkan cartridge pada tempatnya.

Biasanya keberhasilan pemasangan cartridge bisa dilihat jika cartridge terkunci otomatis pada tempat dengan cara menekan cartridge sedikit saja. Sehingga cartridge berada pada posisi pas dan selanjutnya bisa digunakan dengan baik serta lancar.

9. Lakukan Pencetakan

Untuk menguji apakah cartridge bisa digunakan kembali dengan baik dan hasil yang baik pula. Maka pastikan cartridge pada posisi yang semestinya yaitu terpasang dengan benar. Sehingga saat mengalirkan tinta pada alat akan memberikan hasil cetak cartridge dengan baik dan tanpa kendala. Biasanya saat mencetak bisa terlihat hasilnya sempurna, yaitu tinta warna dan tinta hitam terlihat jelas, maka cartridge dalam kondisi baik.

Namun, sebaliknya jika cartridge kosong telah diisi dan diganti kemudian melakukan cetak. Yang kemudian hasilnya tidak terdeteksi keluarnya tinta, artinya cartridge dalam masalah. Harus dilakukan pengecekan ulang sesegera mungkin dan temukan masalah yang muncul. Bisa jadi karena tinta yang sudah mengering atau tinta yang terisi begitu penuh sehingga tidak bisa tercetak dokumen.

Namun, jika Anda memiliki cartridge yang sudah tidak terpakai, Anda dapat menjualnya. Beberapa agen akan membeli dengan harga tinggi. Kami sendiri menyediakan layanan jual beli cartridge bekas. Hubungi contact kami kapan saja.

10. Lakukan Setting Printer

Setting ulang printer atau disebut juga konfigurasi ulang bisa dilakukan dengan baik dan benar. Yaitu dengan memperhatikan layar komputer atau laptop pada settingan printer yang akan digunakan. Jika sudah melakukan konfigurasi dengan tepat selanjutnya bisa melihat hasil printer yang dihasilkan.

Pada hasil printer terdapat coretan atau noda serta garis maka kemungkinan terjadi ketidaksejajaran pada head print dan lakukan pembersihan. Bisa juga dengan melihat petunjuk buku manual pada printer yang ada tentang detail cara mengatasi pemasangan printer cartridge.

Dengan memperhatikan cara mengganti cartridge printer yang kosong maka pengguna bisa melupakan secara mandiri. Dibutuhkan tingkat ketelitian dalam pergantian cartridge sehingga bisa digunakan dengan baik. Printer dengan cartridge yang tepat saat dipasang akan menghasilkan kualitas cetak yang baik dan sempurna. Jika terjadi masalah maka bisa dilakukan pengecekan menyeluruh pada cartridge.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *