Cara Membersihkan Cartridge Printer HP yang Sudah Lama Tidak Digunakan

Permasalahan cartridge tidak memandang jenis atau tipe printernya, bahkan printer bermerek seperti HP pasti pernah mengalami masalah pada cartridgenya. Tidak setiap masalah cartridge berujung dengan pembelian cartridge baru. Terkadang cukup dengan mengetahui cara membersihkan cartridge printer HP sudah bisa membuat cartridge bekerja kembali. Simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui cara membersihkan cartridge pada printer HP.

Pentingnya Mengenali Masalah pada Cartridge

Langkah ini adalah langkah yang paling awal, bahkan sebelum membersihkan cartridge pada printer HP. Sebelum membersihkan cartridge para printer HP, pastikan terlebih dahulu penyebab masalah pada cartridge tersebut. Ada banyak sekali masalah yang mungkin terjadi pada cartridge seperti hasil cetakan yang bergaris, hasil cetakan yang tidak terlihat, dan lain-lain.

Penyebab hasil cetakan yang kurang maksimal juga ada bermacam-macam, salah satu yang sering terjadi adalah karena printer sudah lama tidak dipergunakan. Printer HP yang lama tidak dipergunakan akan membuat tinta-tintanya menjadi beku dan menggumpal. Tinta yang membeku dan menggumpal ini dapat menjadi penyumbat pada cartridge sehingga menghasilkan cetakan yang kurang maksimal.

Mengenali permasalahan cartridge ini sangat penting karena dapat menentukan langkah selanjutnya dalam menangani cartridge. Membeli cartridge baru ketika mengalami kerusakan memang sebuah solusi yang mudah, tetapi hal ini dapat membebani finansial. Apalagi harga cartridge yang asli tidaklah murah. Oleh sebab itu, bisa dicoba dengan membersihkan cartridge terlebih dahulu.

Cara Membersihkan Cartridge Printer HP dengan Software

Masalah pada cartridge printer HP bukanlah sebuah masalah besar dan membingungkan. Masalah ini juga sering terjadi dan umumnya diakibatkan karena cartridge yang kotor atau tersumbat. Oleh sebab itu, ketika masalah ini terjadi solusinya cukup dengan membersihkan cartridge printer, tanpa perlu membeli baru. Berikut ini cara membersihkan cartridge printer HP dengan software.

Baca Juga: Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Yang Rusak

1. Sambungkan Printer pada Komputer atau Laptop

Langkah pertama membersihkan cartridge printer HP dengan software adalah dengan menyambungkan printer pada komputer atau laptop. Pastikan printer sudah terdeteksi pada komputer dan laptop sebelum digunakan. Pastikan pula printer dalam kondisi menyala dengan menekan tombol power.

2. Buka Control Panel dan Masuk Pengaturan Printer

Dalam setiap komputer atau laptop pasti memiliki control panel yang berisikan berbagai pengaturan perangkat, termasuk printer. Langkah berikutnya adalah dengan membuka control panel pada laptop atau komputer dan pilih icon printer. Klik kanan pada icon printer yang sudah terdeteksi dan masuk ke pilihan Printing Preferences.

3. Atau Buka Software Bawaan Langsung dari Perusahaan

Selain dari control panel, bisa juga dengan membuka pengaturan tersebut melalui software bawaan printer. Setiap printer pasti memiliki software bawaan yang akan terinstal secara otomatis atau bisa juga di instal menggunakan dari CD. Bila printer HP yang dimiliki tidak memiliki software bawaan, unduh software yang tersedia melalui internet dan sesuaikan dengan tipe printernya.

4. Pilih Fitur Clean Ink Cartridge dan Tunggu Prosesnya

Setelah masuk ke dalam software printernya, akan muncul banyak sekali pilihan. Pilih fitur “Clean Ink Cartridge” untuk memulai proses membersihkan cartridge pada printer HP. Proses ini akan berjalan secara otomatis beberapa saat. Cukup tunggu hingga proses membersihkan cartridge ini selesai. Proses ini berlangsung tidak lama, bila lancar biasanya memakan waktu kurang dari lima menit.

5. Lakukan Pengujian dan Ulangi Proses Pembersihan

Bila proses di atas sudah selesai, cobalah untuk mencetak sebuah dokumen atau foto pada kertas untuk mengetahui hasilnya. Pengujian ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan Test Print pada software. Nantinya printer HP akan mencetak sebuah teks untuk menguji hasil pembersihannya. Bila dirasa kurang, lakukan kembali cara membersihkan cartridge printer HP melalui software satu atau dua kali.

Cara Membersihkan Cartridge Printer HP dengan Air

Selain menggunakan software bawaan, untuk membersihkan cartridge printer HP ini bisa dilakukan dengan menggunakan air. Namun, pastikan sudah melakukan pembersihan melalui software terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini. Cara membersihkan cartridge printer HP dengan air ini dilakukan bila cara sebelumnya kurang maksimal. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membersihkan cartridge printer HP dengan air, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan. Bahan-bahan yang akan digunakan untuk membersihkan cartridge dengan air antara lain:

  • Wadah air, bisa berupa mangkuk atau piring
  • Beberapa lembar tisu
  • Air hangat secukupnya
  • Sedotan khusus

Persiapkan bahan-bahan tersebut agar tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau. Pastikan pula lingkungan di sekitar dalam kondisi bersih.

2. Masukkan Air Hangat

Setelah bahan-bahan tersebut disiapkan, masukkan air hangat ke dalam wadah. Pastikan volume air hangat tidak terlalu banyak, yang terpenting bisa merendam bagian Head Cartridge-nya saja. Volume air yang terlalu banyak dapat merendam cartridge secara keseluruhan dan membuat cartridge menjadi rusak.

3. Lepaskan Cartridge dari Printer

Langkah selanjutnya adalah dengan melepaskan cartridge dari bodi printer HP. Untuk melepaskan cartridge ini, pastikan printer sudah tersambung dengan laptop dan dalam kondisi menyala. Kemudian buka tutup printernya ke arah atas dan tunggu hingga cartridge bergerak secara otomatis ke tengah.

Kemudian lepaskan cartridge dengan cara menekan bagian pengungkit cartridge dengan hati-hati. Proses ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak cartridge. Ambil cartridge dan biarkan printer dalam kondisi terbuka.

4. Rendam Cartridge Selama Beberapa Saat

Setelah cartridge berhasil terlepas dari bodi printernya, kemudian rendam cartridge pada air hangat yang sudah tertuang ke dalam wadah. Rendam cartridge cukup pada bagian Head Cartridge saja. Jangan merendam cartridge seluruhnya karena justru dapat merusak cartridge. Merendam pada bagian Head Cartridge ini sebagai upaya untuk mencairkan tinta-tinta yang membeku.

Tinta yang membeku ini bisa muncul akibat printer yang sudah lama tidak pernah digunakan. Tinta yang membeku ini kemudian menyumbat jalan pada Head Cartridge, sehingga ketika digunakan kembali, printer tidak dapat mencetak dengan baik. Penyumbatan ini biasanya hanya terjadi pada Head Cartridge saja, sehingga yang perlu direndam cukup pada Head Cartridge-nya.

Lakukan proses perendaman ini dan biarkan proses ini berjalan hingga lima belas atau dua puluh menit. Pastikan bagian chip dari cartridge tidak ikut terendam agar cartridge tidak mengalami korsleting dan rusak.

5. Angkat, Bersihkan Hingga Kering, Lalu Pasang Kembali

Setelah dirasa cukup lama merendam cartridge, angkat cartridge kemudian bersihkan dengan menggunakan tisu kering. Pastikan proses ini berjalan dengan baik hingga cartridge benar-benar kering. Pastikan pula tidak ada sisa-sisa tisu yang menempel pada cartridge yang justru dapat menjadi penghambat keluarnya tinta.

Bila dirasa masih kurang, lakukan penyedotan dengan sedotan khusus untuk menyedot sisa-sisa tinta yang tertinggal di dalam cartridge. Kemudian pasang kembali cartridge pada printer HP. Lakukan pengujian untuk melihat hasil pembersihannya berjalan baik atau tidak.

Untuk membersihkan cartridge pada printer HP tidak terlalu rumit. Ada dua cara membersihkan cartridge printer HP yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli cartridge baru. Bila dengan cara membersihkan cartridge tetap tidak berjalan dengan baik, maka langkah terbaik adalah dengan membeli cartridge baru yang asli. Kami disini melayani jual beli cartridge.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *